Agustina A. B.

Saya dan Beasiswa Eka Tjipta Foundation

by on Apr.21, 2013, under Education

Alhamdulillah, yang berkesempatan kuliah di UGM sangat beruntung karena cukup mudah untuk mendapatkan beasiswa. Yang paling umum adalah beasiswa PPA dan BBM dari pemerintah Indonesia. Saya sempat mendapatkannya saat semester 1. Tapi beasiswa itu harus diperbarui tiap semester (atau tiap tahun saya kurang paham). Untuk orang yang tidak mau repot seperti saya, beasiswa full sampai lulus sangat membantu 😀

Salah satunya adalah beasiswa dari Eka Tjipta Foundation, organisasi non-profit milik Sinar Mas Group. Saya adalah salah satu penerima beasiswa Tjipta Sarjana Bangun Desa. Persyaratannya ada di sini (ada di menu Program bagian kanan). Beasiswa ini ada dua tahap, tahap 1 seleksi berkas, tahap 2 wawancara. Tidak banyak tips yang bisa saya berikan untuk mendapat beasiswa ini. Saya hanya mengirimkan semua persyaratan dengan rapi sebelum deadline yang ditentukan. Tentu saja berdoa agar diberikan yang terbaik. Untuk wawancara, saat itu saya hanya lewat telepon dan tidak ada pemberitahuan sebelumnya (saya tidak persiapan sama sekali, jadi hanya menjawab sekenanya dan mungkin terkesan sangat polos).

Kelebihan beasiswa ini: mencakup biaya hidup dan biaya kuliah hingga semester ke-8. Biaya kuliah sesuai dengan fakultas/universitas masing-masing. Biaya hidup yang saya terima 3 juta/semester (cukup besar dibandingkan beasiswa lain). Di website terbaru dituliskan mencakup tunjangan tugas akhir juga. Syaratnya mudah, tidak berbelit-belit, tidak perlu membuat essay. Selain itu, adminnya juga berkenan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikirim lewat email. Menurut saya pesaingnya cukup sedikit karena tidak banyak anak SMA yang tahu beasiswa ini. Tapi penerima beasiswa juga hanya sedikit, angkatan 2010 di UGM hanya ada 4 penerima beasiswa.

Kekurangannya: ternyata beasiswa yang saya terima dihitung mulai dari semester 2. Saya tidak tahu apakah itu karena saya sewaktu wawancara bilang sudah dapat beasiswa untuk semester 1. Biasanya tunjangan kuliah turun pada semester berikutnya. Untuk tunjangan hidup dibayarkan setahun sekali. Lama lah pokoknya, sampai lupa kalau dapat beasiswa. Beasiswa ini hanya untuk mahasiswa baru di universitas mitra saja.

But, overall saya sangat merekomendasikan beasiswa ini untuk dicoba teman-teman yang masih semester 1. Selamat mencoba. Hasil akhir, serahkan pada Tuhan.

:, ,

38 comments for this entry:

  • dimas

    mbak mau nanya nih..dari pengalaman.nya mbak..setelah lulus apakah diwajibkan unntuk mengabdi terlebih dahulu di sinar mas gruoup?

  • Revika Intan

    Selamat pagi kak agustina …
    Vika mau tanya nih, apa kakak tahu kontak yang bisa dihubungi untuk bekerjasama dengan beasiswa ETF dalam suatu acara di UGM, seperti acara expo beasiswa gitu kak 😀
    Terimakasih 🙂

  • Roro

    Selamat pagi mas Agustina Ari, sya rroro , kebetulan sya juga penerima beasiswa ETF nih.
    tp beasiswa gak pernah turun lagi hanya sampai smester 3 skrng saya sudah smester 6. kiranya mas Agustina berkenan memberi sy saran atau info kemana saya harus menghubungi. Trims

  • luna

    Halo kak, saya mau tanya, saya salah satu penerima beasiswa eka tjipta foundation, apa benar di salah satu syarat pengumpulan berkasnya itu diminta mengumpulkan kwitansi yg sudah bermaterai dan sudah di tandatangani? Terimakasih

    • Agustina A. B.

      Halo,

      maksudnya pengumpulan brkas apa ya? Dan kwitansi apa? Setiap universitas bisa jadi alurnya agak berbeda, lebih baik dikonfirmasi ke bagian akademik saja.

  • rodhiatul alawiyah

    selamat malam kak. maaf kak pendaftar beasiswa ini bagaimana ya tahapannya? web untuk mengisi formulir pndaftarannya yg mana ya kak. saya sudah berusaha mencari tetapi tidak ketemu.mohon bantuannya kak, terima kasih sebelumnya

  • hilda

    maaf kak, download formulirnya dimana ya? saya bingung

  • tiara

    Hallo kak, saya tiara . Saya juga penerima beasiswa eka tjipta, saya skrg smster 4 di univ jambi. Sampai semester 3 selalu di krimkan biaya hidup sbesar 3jt, mskipun tidak teratur dan kadang terlambat. Tapi sampai semester 3 ini saya belum menerima biaya pendidikan sama sekali,sedangkan beasiswa ini mencakup biaya pendidikan, biaya hidup dan skripsi.

    • Agustina A. B.

      Halo Tiara,

      kalau saya dulu biaya pendidikan disalurkan lewat universitas. Saya kurang tau kalau di Universitas Jambi seperti apa. Coba ditanyakan ke pihak Eka Tjipta.

      Salam,
      Agustina

  • Faris

    hallo Kak
    Formulir pendaftarannya udah ketemu kak hehe

  • Faris

    Hallo kak saya faris
    kak untuk mendapatkan formulir pendaftarannya tuh gimana yaa, Saya juga sekarang juga mhs semester 2

  • B. Nugroho

    Hallo,
    Saya dulu juga mendapatkan beasiswa dari ETF di UGM dari tahun 2007-2011, dan sekarang saya bekerja disalah satu perusahaan Sinarmas.
    Menurut saya beasiswa ini cukup bagus karena meng cover seluruh biaya kuliah, meskipun ada banyak diluar sana yang menawarkan beasiswa yang lebih besar. Namun beasiswa ini persyaratanya cukup mudah. Pada angkatan saya ada lebih dari 30 mahasiswa yang menerimanya.
    Oiya, apakah ada kabar tentang beasiswa s2 dari ETF?

    • Agustina A. B.

      Halo Mas Budi,
      wah banyak juga ya tahun 2007. Tahun 2010 dari UGM hanya ada 4 orang. Sempat vakum dan ada lagi tahun 2013 dengan jumlah cukup banyak.
      Saya kurang tau yang S2, karena kesempatannya sangat kecil (jumlah sedikit dan persyaratan susah). Apakah Mas Budi ditawari bekerja langsung oleh pihak ETF?

      Salam,
      Agustina

      • B. Nugroho

        dear,
        Kalo ditawari sih tidak, hanya saja kita akan mendapat nilai lebih karena merupakan bagian dari Paguyuban ETF. Meskipun tidak banyak jebolan beasiswa ETF yang mau bekerja di SInarmas (karena memang tidak ada tawaran atau referensi apapun dari ETF), tapi ya paling tidak inilah wujud terima kasih saya karena sudah dibiayai selama hampir 4 tahun.

  • imah

    malam ka, apakah semester 3 awal ini saya bisa mendaftar ?? dan dimanakah saya bisa mendapat formulir pendaftarannya ?? terimakasih mohon bantuannya

    • Agustina A. B.

      Halo Imah. Setau saya hanya untuk mahasiswa baru (gatau kalo sudah berubah). Coba dilihat di website resminya.

  • Nabilla

    maaf kak mau nanya, kira kira pengumuman pendaftaran beasiswa sekitar bulan apa? terimakasih

  • rumbany

    Kak, kalo mau daftar beasiswa ini harus keterima di salah satu ptn dulu yah.
    mohon balasannya yah.

  • Puspa W

    Kak gimana cara dftar beasiswa ini? soalny saya cari di google info ttg beasiswa ini minim sekali. maksih sbelumnya. ditunggu reply nya:)

    • Agustina A. B.

      Silakan klik link yang sudah saya lampirkan dalam post. Sejauh yang saya ketahui, beasiswa ini hanya untuk mahasiswa baru.

  • Puspa W

    Kak saya mau tanya, gmana cra daftar beasiswa ini thun 2014. kok saya cari di google ttg beasiswa ini minim sekali infony 🙂

  • Rezy

    Halo kak, saya mau tanya nih. Saya mendapat beasiswa ETF juga dan dimulainya juga semester 2. Setelah saya baca cerita kakak di blog ini, apakah biaya hidup/kuliah diberikan ketika semester 2 akan selesai atau awal masuk semester 2 ya kak? Mohon dijawab ya kak. Terima kasih.

    • Agustina A. B.

      Hi Rezy.
      Itu bisa dibilang unpredictable, karena dulu yang semester 2 & 3 punya saya baru keluar semester 4 (kalo ga salah). Kemudian semester-semester selanjutnya lumayan tertib. Semester 4 dapetnya pas KRS-an semester 5 dst. Sebaiknya jangan terlalu berharap, tapi insyaallah pasti keluar.

      • Rezy

        Oh gitu kak, soalnya pas aku apply beasiswa kalau salah satu fasilitas yg diterima uang saku gtu. Kalo gitu pas semester 4 biaya kuliah kakak dpt double alias 6 juta ya? Atau gimana? Dan pas biaya hidup udah turun gt, sebelumnya dapet info atau langsung cek ke atm terus aja kak? Maaf bnyk nanya kak. Trims 🙂

  • Gilang

    Mau tanya nih..
    Dapet beasiswa etf nya tahun kapan ?
    Saya juga dapet di tahun 2013, tetapi saya kurang jelas sama apa saja yg didapat selain uang kuliah. Apakah saudara sebelum dapat beasiswa disuruh buat buku tabungan ? Atau hanya dapat kartu atm dari bank yg bermitra dengan etf? Saya sendiri hanya mendapatkan kartu atm dan kertas bukti telah membuat atm.
    Dimohon jawabannya ya, lewat e-mail yg dicantumkan oleh saya.
    Terima Kasih.

    • Agustina A. B.

      Halo, Gilang. Terima kasih atas pertanyaannya. Saya penerima beasiswa angkatan 2010. Setahu saya kebijakannya selalu berubah setiap tahun. Seperti yang telah saya tulis, saya mendapat beasiswa biaya kuliah dan biaya hidup. Memang benar untuk urusan dengan bank mitra seperti yang anda sebutkan.

Trackbacks / Pingbacks

Leave a Reply

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Visit our friends!

A few highly recommended friends...