Agustina A. B.

Archive for March, 2014

IELTS: Ini Ceritaku (part 1)

by on Mar.14, 2014, under Education

Kali ini saya akan berbagi pengalaman pertama menghadapi tes IELTS. Alhamdulillah, sekali tembak dapat nilai cukup untuk daftarย  King’s College London. Ini hanya satu dari banyak cara untuk meningkatkan nilai berdasar pengalaman pribadi saya. Mungkin bisa untuk menambah ide teman-teman untuk belajar IELTS.

 

Apa Itu IELTS?

IELTS (International English Language Testing System) adalah salah satu tes bahasa Inggris berstandar internasional. Semacam TOEFL lah, tetapi ini versi British-nya. As the consequence, ejaan maupun dialeknya berbau British gitu deh. Tapi nggak usah khawatir, kalaupun kita nulis pakai ejaan atau dialek American tetap diperbolehkan.

Tes ini sendiri ada 2 macam, yaitu Academic dan General. Academic biasanya diperuntukkan dalam syarat masuk perguruan tinggi. Ada 4 sesi dalam IELTS, yaitu Listening, Reading, Writing dan Speaking. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat-lihat di Google karena terlalu panjang kalo diceritain disini ๐Ÿ˜€

 

Belajar Secara Otodidak

Saya sudah berniat untuk belajar IELTS sejak Oktober 2013 untuk tes Maret 2014. Tapi niat cuma niat aja. Sampai pada tangggal 22 Januari 2014, tepat 1 bulan sebelum tes, saya daftar IELTS dengan modal nekat. Awalnya saya hanya berniat coba-coba dan tidak pasang target. Saya sudah niat untuk ambil IELTS lagi 3 bulan kemudian (FYI, untuk tes lagi diperlukan jeda 3 bulan). Tapi ketika duit 3 juta keluar itu rasanya sayang juga kalo cuma buat coba-coba, hehehe.

Melihat sempitnya waktu dan modal yang minim, sangat tidak memungkinkan untuk ikut les. Alhasil, saya coba mencari buku-buku IELTS. Buku yang saya gunakan adalah 101 Helpful Hints for IELTS dan Cambridge IELTS with Answers dengan berbagai seri. Mungkin buku-buku serupa banyak dijual di toko-toko buku kesayangan anda, tapi saya mendownload via 4shared.

Sebelum belajar, saya mencoba untuk pretes dari buku 101 Helpful Hints for IELTS. Skor saya: Below Average! Saya sempat shocked karena soal-soalnya sangat berbeda dengan tes TOEFL. Listening-nya beberapa nggak milih bro, tapi nulis! Jadi jawaban berupa kata-kata atau angka yang ditulis. Dan itu nggak 1 dialog 1 soal, tapi 1 dialog bisa buanyak soalnya dan nggak putus-putus. Bingung deh. Setelah itu saya baca semua panduan dalam buku itu. Dalam beberapa latihan selanjutnya, skor saya naik secara perlahan.

Setelah khatam 1 buku, saya tetapkan jadwal latihan 1 paket soal setiap hari dari buku Cambridge IELTS with Answers. Kondisi saat berlatih saya sesuaikan dengan yang sebenarnya, terutama waktu tes. Soal-soal dalam buku sebelumnya terasa lebih sulit dan beberapa tips agak berlebihan. Skor saya cukup bagus, tetapi fluktuatif. Untuk tipe-tipe soal tertentu saya kurang bisa menguasai dan berharap nggak keluar ketika ujian sungguhan :mrgreen:

 

Listening dan Reading

Dua sesi ini memang lebih familiar dan sangat bisa dipelajari sendiri. Semakin banyak berlatih, kita semakin terbiasa meskipun setelah mencapai titik tertentu nilai kita akan sulit naik. Untuk listening, kita bisa membiasakan diri dengan film-film berdialek British. Sebenarnya dialek dalam ujian tidak terlalu kental British-nya, meskipun beberapa agak sulit diikuti. Berbagai macam tipe soal ada dalam Listening dan tidak semuanya keluar dalam ujian. Biasanya ada dialog untuk mengisi formulir, semacam formulir pendaftaran. Section selanjutnya bisa berupa dialog yang menggambarkan peta daerah, atau dialog tertentu kemudian soalnya berupa pilihan ganda, atau berupa kuliah/seminar. Menurut saya soal pilihan ganda itu sulit karena kita harus membaca soal dan pilihan jawaban dalam waktu cepat.

Untuk reading, banyak membaca jurnal atau koran sangat membantu. Bila anda tidak berlangganan koran semacam Jakarta Post, bisa dibaca koran-koran online dari luar negeri. Sebaiknya baca koran yang agak serius, bukan gosip-gosip selebritis ๐Ÿ˜€ Awalnya saya menggunakan trik membaca soal baru mencari jawaban di paragraf yang kemungkinan mengandung jawaban. Lama-kelamaan saya merasa kurang efektif karena pemahaman bacaan menjadi kurang komprehensif. Saya lebih suka membaca cepat bacaan, kemudian membaca soal. Sekiranya saya tidak bisa menjawab, saya bisa tahu tempat untuk mencari jawaban dengan cepat.

 

Writing dan Speaking

Sulit untuk mengukur kedua macam tes ini sendiri. Yang bisa dilakukan hanya berlatih saja, meskipun tidak tahu benar atau salah. Menurut tips yang saya baca, menuliskan kembali kalimat di koran dapat meningkatkan skill Writing. Menurut saya ada benarnya, karena ketika membaca emang gampang dimengerti, tapi ketika ditulis, beberapa kata bisa salah tulis meskipun sudah familiar. Sayangnya kemarin saya agak males nulis koran, soalnya kayak kurang kerjaan banget dan awalnya ga percaya sama tips ini hahaha ๐Ÿ˜€ Saat berlatih, saya hanya fokus menulis untuk memenuhi jumlah kata yang dipersyaratkan.

Untuk speaking, ini lebih susah lagi. Kita dituntut berpikir secara cepat dan kreatif, karena pertanyaan-pertanyaannya sepele tapi susah dijawab, dan yang jelas harus bisa diungkapkan dengan tepat. Sedikit spoiler, bule yang menguji sudah berinteraksi dengan kita sejak awal tes. Dia yang registrasi peserta, bacain peraturan ujian, dll, sehingga saat tes nanti sudah lumayan familiar dengan ucapannya. Terlebih, bule yang nguji kemarin bisa berbahasa Indonesia, setidaknya dia tahu bagaimana orang Indonesia kalo ngomong pakai bahasa Inggris. Saat tes, penguji sama sekali nggak mancing-mancing kita untuk meskipun udah skak mat banget. Kemarin saya hanya speaking total sekitar 12 menit, dari yang seharusnya 15 menit karena bingung mau ngomong apa lagi. Saya kira cuma bakalan dapet 4.5, tapi ternyata jauh lebih tinggi dari ekspektasi saya.

 

Pada saat hari H ujian, persiapkan diri dengan baik. Jangan lupa banyak berdoa, istirahat cukup dan sarapan. Meskipun ujian hanya sekitar 3 jam, tapi segala tetek bengek yang menyertainya bisa memakan waktu seharian. Semoga tulisan saya yang sedikit ini bisa menginspirasi. Good luck!

 

22 Comments :, more...

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Visit our friends!

A few highly recommended friends...