Agustina A. B.

Archive for June, 2014

Jürgen Klinsmann

by on Jun.14, 2014, under Postcrossing

I am crazy about football since I watched World Cup in 2002. My favorite team is Germany. Jürgen Klinsmann is a key player when Germany won World Cup 1990 in Italy and Euro 1996 in England. He also coached Germany in World Cup 2006, although I’m a little bit disappointed since they couldn’t win in their home country. Still, this card is very meaningful for me. Thanks a lot for the sender.

Sent by Uwe Pilling on May 22, 2014 (date stamp).

Leave a Comment :, more...

Victoria Harbour

by on Jun.14, 2014, under Postcrossing, View Card

This is a picture of the Victoria Harbour, Hongkong. It is located in South China Sea.

This card is very special because it has a special mark and stamp of International Day of Families, which is May 15.

Sent by Janice Wong on May 15, 2014 (date stamp).

Leave a Comment :, more...

University of Wrocław

by on Jun.14, 2014, under Postcrossing, University Postcard

University of Wrocław or Uniwersytet Wrocławski in Polish is a university located in Wrocław, Poland. Before 1945, it is known as Schlesische Friedrich-Wilhelms-Universität zu Breslau (with notable alumni including Paul Ehrlich and Erwin Schrödinger. The postcard shows a fountain “Szermierz” (fencing), university view from the river Odra, Leopoldin’s assembly chamber, Oratorium Marianum, university by night, and mathematical tower.

Sent by Michał Gąska on May 23, 2014 (date stamp).

P.S. I’m collecting university postcard around the world. If you could help, I really appreciate 🙂

Leave a Comment :, , more...

University of Erlangen-Nuremberg

by on Jun.14, 2014, under Postcrossing, University Postcard

University of Erlangen-Nuremberg is a public university in Erlangen and Nuremberg, Bavaria, Germany. Friedrich-Alexander-Universität Erlangen-Nürnberg is its official name in German, but mostly known as FAU. The postcard shows several buildings in the university: Schloss and Paulibrunnen, theological faculty, university library, faculty of medicine, the Kollegienhaus (the historical central building and lecture hall of the university), faculty of science, and new market.

Sent by Dani He on May 21, 2014 (date stamp).

P.S. I’m collecting university postcard around the world. If you could help, I really appreciate 🙂

Leave a Comment :, , , more...

University of Macau

by on Jun.14, 2014, under Postcrossing, University Postcard

The picture shows University of Macau Wu Yee Sun Library. The design of the library reflects the belief that the environment should and does play a role in education. the covered walkway, the blue roof, and the spatial layout are reminiscent of Lingnan and southern European architecture. In addition to being aesthetically appealing, the covered walkway is also a very practical design which suits the unique clip rate of South China.

Sent by Hui Yang on May 22, 2014 (date stamp).

P.S. I’m collecting university postcard around the world. If you could help, I really appreciate 🙂

Leave a Comment :, , more...

Harvard University

by on Jun.14, 2014, under Postcrossing, University Postcard

Harvard University, founded in 1636, is the oldest university in the United States. It is located in Cambridge, Massachusetts, United States. It is a private university that belongs to Ivy League. Harvard University has motto “Veritas” or truth in English.

Sent by Papa Plus on May 19, 2014 (date stamp).

P.S. I’m collecting university postcard around the world. If you could help, I really appreciate 🙂

Leave a Comment :, , , more...

Cerita Prameks

by on Jun.14, 2014, under Life Story

Sudah hampir 4 tahun saya menjadi pelanggan setia Prameks (Prambanan Ekspres), kereta penghubung Solo-Jogja. Sekarang, ada kereta lain yang melayani rute ini, yaitu Sriwedari dan Sidomukti, meskipun kadang-kadang kami hanya menyebut prameks saja. Frekuensi perjalanan saya cuma seminggu sekali sih, ga sesering kawan-kawan yang nglajo. Tapi udah banyak banget cerita prameks yang ga bakal abis diceritain.

Memilih Kereta

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, rute ini tidak hanya dilayani oleh Prameks saja, tetapi juga beberapa kereta lainnya. Berikut beberapa perbedaan yang layak dipertimbangkan:

  1. Prameks. Kereta ini menjadi idaman para mahasiswa karena harganya sekarang cuma 6ribu saja. Kalau bukan pada jadwal sibuk, kereta ini sih oke-oke aja meskipun tanpa nomor kursi (yang berarti harus rebutan) dan tanpa AC. Kalau anda duduk di tempat yang tidak tepat, anda akan berasa naik motor karena terkena hembusan angin dari jendela (bisa ditutup sih tapi ntar jadi sumpek). Meskipun di tiket tertulis berdiri-tanpa tempat duduk, anda tetap boleh duduk kok.
  2. Sriwedari. Ini adalah pilihan paling masuk akal. Ada AC dan nomor kursi meskipun kalau pukul 5.25 naik kereta ini bakal kedinginan (kondekturnya sendiri pernah curhat harusnya ga perlu AC). Tetapi, jumlah kursi dibatasi sehingga perlu beli 2 jam sebelumnya, terutama pada jam-jam sibuk. Alhamdulillah sekarang cuma 10ribu saja, sehingga sangat worthed. Ga seperti dulu yang harganya 20ribu, kalau ga kebagian tempat duduk tuh rasanya sakit banget. Hehehe.
  3. Sidomukti. Kereta ini adalah rangkaian yang menggunakan kereta Senja Utama (bisnis). Mirip seperti Sriwedari, tetapi tidak berhenti di Maguwo dan harganya 15ribu (selama masa promo). Kalau yang ini kursinya bisa diputar sehingga hampir semua bisa menghadap ke depan.
  4. Madiun Jaya. Atau disingkat ManJa. Sebenarnya cuman numpang lewat Jogja-Solo karena tujuan akhirnya Madiun. Menggunakan rangkaian kereta jarak jauh Krakatau, sehingga harganya mencapai 20ribu. Saya belum pernah naik kereta ini karena menurut saya terlalu mahal dan sering telat.
  5. Kereta jarak jauh lainnya. Anda dapat menumpang kereta apa saja yang melewati rute Solo-Jogameskipun harganya lebih tinggi, sekitar 30ribu hingga 50 ribu tergantung kelas kereta. Dijamin cepat karena hanya berhenti di Tugu, Klaten, dan Solobalapan. Saya pernah numpang naik kereta jarak jauh sebelum ada peraturan yang melarang penumpang Prameks naik ini (sehingga harganya masih sama). Beberapa minggu setelah dilarang saya juga pernah naik sebagai penumpang gelap. Tentu sebelum kereta bisnis berAC. Rasanya deg-degan kayak naik roller coaster karena takut ketahuan. Hehehe. Padahal sebenernya kalo ketahuan paling diturunin di stasiun berikutnya (Klaten).

Jika anda memiliki nomor tiket tapi tidak tahu di gerbong mana, tiap gerbong ada tulisannya baik di dalam maupun di luar (gerbong 5 biasanya paling timur tidak tergantung arah kereta), atau bertanyalah pada petugas/penumpang lain di sekitar anda. Jika kursi anda diduduki orang lain dan anda ingin memintanya, silakan minta aja, ga usah pekewuh. Tetapi sekarang saya ga enak duduk di kursi orang karena banyak orang baik yang merelakan kursinya atau terlalu sungkan untuk meminta duduk.

Jadwal Sibuk

Hampir semua jadwal kereta pernah saya naiki, kecuali kereta paling malam. Tidak ada yang seramai kereta paling pagi dari Solo, jam 5.30. Semenjak diberlakukan penjualan tiket 2 jam sebelum keberangkatan, saya sudah tidak pernah naik kereta ini lagi. Kenapa? Saya tidak pernah kebagian tiket. Saya pernah datang ke stasiun sebelum jam 5, tapi tetep aja ga kebagian. Selalu sumpek dan penuh, apalagi untuk hari Senin yang banyak digunakan anak kos yang ingin selama mungkin di rumah kayak saya. Kereta pagi dari Solo pernah ada 3 kali berangkat, pukul 5.30, 6.00 dan 7.05 tapi saat tulisan ini dibuat tinggal 2 saja. Berbeda dengan kereta pagi dari Jogja yang relatif sepi dan pernah hanya sekali jalan jam 5.25. Ternyata, banyak banget orang Solo yang mencari nafkah atau belajar di Jogja.

Kereta sore dari Jogja juga ga kalah penuhnya, tapi masih dalam taraf wajar karena banyak pegawai yang pulang dengan jadwal yang berbeda. Yang paling ramai adalah kereta sore sehari sebelum weekend, atau lebih parah lagi sebelum long weekend.

 

Capek juga nih nulisnya, padahal masih banyak yang belum diceritain. Pernah suatu ketika naik Trans Jogja ke stasiun Tugu, kan muter-muter banget tuh. Alhasil, beberapa meter sebelum pintu masuk stasiun keretanya lewat di depan mata. Nyesek banget. Hehehe. Pernah juga beberapa kali liat trik bagaimana orang ga bayar, dan akhirnya berkesempatan mempraktekkannya tapi itu karena kepepet pet pet pet banget.

Bonus: jadwal kereta mulai Juni 2014:

1 Comment :, , , , more...

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Visit our friends!

A few highly recommended friends...