Agustina A. B.

Adventurously Jakarta: Second Adventure

by on Jul.31, 2014, under Life Story

Jakarta again! Yep, this is the third trip to Jakarta this year. Bagi sebagian orang mungkin ga terlalu banyak, tapi buat saya udah banyak banget…. Ceritanya, setelah cek TB, saya daftar visa UK (18/7) dan memilih tanggal wawancara. Waktu itu hanya tersedia akhir Juli, awal Agustus, dan akhir Agustus. Pilihan paling memungkinkan hanyalah akhir Juli karena waktu pembuatan visa sekitar satu bulan. Akhirnya saya pilih : 25 Juli, atau 3 hari sebelum Lebaran. So, you know the consequences. Saya dapat tiket ke Jakarta untuk tanggal 24/7, tetapi tiket baliknya sangat susah. Setelah cari kesana kemari, saya dapat tiket pesawat tanggal 27/7 malam dengan rute Jakarta-Jogja, itupun harganya 3 kali lipat dari biasanya. And, saya harus menghabiskan malam takbiran di perjalanan.

Ada yang berbeda dalam perjalanan saya kali ini. I’m totally alone! What a giant leap! Untuk pertama kalinya saya melakukan perjalanan sendirian. Naik pesawat sih, habis itu naik Damri dan kemudian dijemput. Tapi udah lumayan kan daripada yang kemarin :D.

Karena saya kebagian wawancara jam 4 sore, saya baru berangkat ke VFS sekitar jam 2. VFS itu letaknya di Kuningan City Mall, sebelah Mall Ambassador. Saya diantar paman saya. Saya masuk ke mall sendirian. Awalnya kebayang terakhir masuk mall Jakarta waktu study tour SMA, bisa masuk tapi gak bisa keluar. Tapi kali ini aman-aman saja. Mallnya tidak terlalu besar dan relatif sepi. Meskipun awalnya saya agak bingung menemukan kantor VFS-nya yang berada di lantai 2 (saya malah cari di UG -_-).

Di dalam VFS, HP harus dimatikan. Begitu masuk, nama saya langsung dipanggil untuk mengumpulkan berkas dan selanjutnya biometrik. Nah, bagian paling lama adalah menunggu giliran wawancara. Sesuai saran yang bersliweran di internet untuk membawa buku bacaan, banyak banget orang yang membaca buku di sana. Saya sih enggak bawa, soalnya saya memang jarang membaca. Saya ga yakin kalau orang-orang itu memang rajin baca :D. Sayang sekali HP tidak boleh dinyalakan, padahal banner-banner di VFS bagus-bagus dan UK banget #ndeso. Kebetulan saya ngobrol dengan calon mahasiswa lain. Dia berasal dari Batam. Ketika tau saya dianter sodara ke VFS, dia bilang, “berangkat sendiri dong, kan mau ke London, masak harus diantar”. Hellowww, saya baru saja melakukan giant leap ke Jakarta sendirian. Ya emang beda level sih, bagi dia Sumatra-Jakarta kecillll.

Setelah nunggu lebih dari dua jam, saya dipanggil wawancara sekitar waktu adzan magrib. Saya kebagian terakhir banget lho. Lampu-lampu udah mulai dimatiin, lantai dipel, pegawai udah pada pulang. Di dalam booth wawancaranya dingin banget, sampai-sampai pewawancara di seberang tau kalau saya kedinginan. Wawancara dilakukan secara teleconference. Meskipun udah menghitung hari untuk berangkat ke UK, saya ga bisa menangkap dengan jelas apa yang diomongin bulenya :(. Berhubung saya sudah tau pertanyaan yang akan ditanyakan, saya bisa jawab meskipun beberapa agak-agak salah topik jawabnya. Okelah tinggal nunggu hasilnya.

Keesokan harinya, saya ceritanya shopping di Mall Metropolitan, Bekasi. Ramenya kayak pasar. Tiga jam di mall ga jalan-jalan, cuma di Matahari aja. Ga seru ah, mending ke mall di Solo atau Jogja aja, lebih lega tempatnya.

Nah, tiba waktunya untuk pulang. Saya dapat tiket pesawat pukul 18.20. Karena saya orangnya super on time dan tidak mengenal kata telat, saya naik Damri pukul 2 dan tiba di Soetta kepagian, jam 3an lebih tepatnya. Waktu check in, ternyata pesawatnya pukul 17.50. Alhamdullillah, saya ga akan telat naik Pramex jam 8 dari Jogja (kalau telat, saya harus naik Pramex jam 10 malam). Eh ternyata masih delay, dan berangkat baru pukul 18.30 lebih. Harap-harap cemas di pesawat. Landing sekitar jam 19.45, saya langsung jalan santai ke Stasiun Maguwo. But, tanpa disangka-sangka, ternyata ada kereta Sriwedari datang, moncongnya udah keliatan. Alhamdulillah pas banget bro! Saya langsung lari masuk ke kereta dan 45 menit kemudian udah sampai di Solo.