Agustina A. B.

Finally Abroad

by on Sep.15, 2014, under Life Story

Hello, it’s me again. Yeah long time no see because I have to prepare everything in a such a short time. Ceritanya begini, awal rencana mau berangkat sekolah ke Inggris tanggal 6 September, ternyata visa baru keluar tanggal 5. Akhirnya berangkatnya diundur jadi tanggal 12. Saya naik Garuda dari Solo ke Jakarta, kemudian naik Etihad dari Jakarta-Abu Dhabi dan Abu Dhabi-London Heathrow. All on my own. Dari bandara Solo sampai ke asrama saya benar-benar sendirian. Meskipun belum pernah ke luar negeri, alhamdulillah ga nyasar-nyasar banget. Taukah tempat yang paling membingungkan? Sorry to say, Bandara Soetta. Petunjuknya sangat minim, dan bayangan saya kalau dari terminal 2 ke terminal 3 harus keluar dulu, ternyata bisa langsung jalan di dalam airport. Di sana antrian buat check in-nya puanjang banget. alhamdulillah semua barang bawaan aman. Bawa 2 tas ke kabin total 17 kg juga aman.

Setelah 8 jam perjalanan, sampailah di Abu Dhabi. Nungguin pesawat lagi sampai 5 jam. Di sana saya sempat ngobrol-ngobrol dengan nenek-nenek asli London dan diberi beberapa tips. Saya beli beberapa kartu pos dan ternyata mahal pakai banget. Ya sudahlah gapapa, belum tentu saya ke UAE lagi. Besok-besok mau transit di tempat lain aja 😀

Selanjutnya duduk di pesawat lagi sekitar 7 jam. Gatau kenapa, pesawatnya lebih jelek dari yang tadi. Lebih sempit, kursinya lebih rendah, tasnya jadi ga muat ditaruh di bawah. Oiya, jangan lupa pake baju tebel di pesawat karena dingin banget. Beberapa menit sebelum mendarat, saya mulai deg-degan membayangkan rasanya menginjakkan kaki di Eropa. Saat detik-detik mendarat, saya sempat menitikkan air mata. Terlihat dari jendela suasan yang benar-benar Inggris, ada danau-danau kecil, rumput hijau, dan pohon berwarna hijau dan oranye. Benar-benar mirip di film.

Sebelum memasuki tanah Inggris, kelengkapan imigrasi dicek dahulu. Orang yang ngecek dokumen saya sampai heboh sendiri, “You pay nineteen thousand for tuition fee??? Are you sure? That’s very expensive.” Thanks God I got a scholarship. Sepanjang perjalanan, alat-alat elektronik saya tidak dicek sama sekali. Saya bahkan tidaktau kalau misalnya dicek, kapan dan dimana akan dicek.

Dari Heathrow saya naik tube Picadilly Line sampai Green Park kemudian transfer Jubilee Line sampai ke London Bridge. Biasalah, mental mahasiswa, cari paling murah. Stasiunnya bagus, benar-benar seperti di film. Dan ada informasi juga stasiun mana yang pakai lift, jadi me and the other 40 kilos sehat walafiat dan selamat. Nah sampai di stasiun London Bridge itu saya juga agak bingung. Saya sudah beberapa minggu mempelajari citymapper, aplikasi petunjuk bepergian di kota-kota besar. Dari stasiun, saya harusnya keluar di jalan sebelah utaranya stasiun, tapi ternyata stasiun itu punya beberapa jalan keluar yang sebenernya lebih deket dari asrama. Karena saya berpikir asrama masih jauh, saya malah menjauh sampai London Borough (pasar tradisional). Tanya polisi Weston Street dimana juga gatau neutral. Aplikasi citymapper itu sebenarnya bisa menunjukkan kemana harus jalan, tapi karena internet belum nyala jadi harus mengira-ngira. Setelah tanya sana-sini akhirnya nemu juga asrama.

Asrama tempat saya tinggal benar-benar di kota. London itu kota yang sangat besar, tidak semua tempat sangat modern. Kebetulan saya tinggal di dekat sungai Thames dan merupakan bagian City of London, sangat modern. Saya beruntung dapat kamar di lantai 14, pemandangan bisa terlihat bagus. Dari jendela kamar saya, saya bisa melihat beberapa landmark London, seperti The Shard (gedung tertinggi di Eropa Barat), Hotel Hilton dan beberapa bangunan di More London, stasiun London Bridge yang subuh-subuh sudah mulai beroperasi, bahkan juga Tower Bridge meskipun hanya ujungnya saja. Kalau dari dapur, saya bisa melihat sisi lain London yang lebih hijau dengan rumah-rumah London yang lebih rendah.

Sampai saat ini, saya masih belum benar-benar yakin kalau saya tinggal di London. Masih terasa seperti mimpi saya bisa sampai disini.

:

1 comment for this entry:

Trackbacks / Pingbacks

Leave a Reply

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Visit our friends!

A few highly recommended friends...